Minggu, 19 November 2017 19:16 WIB Jl.Kampung Kalawi RT2 RW5 Telp.(0751)-812860

Teknologi Intel Cegah Belanja Online "Salah Ukuran"

Posmetroglobal.co.id - 14 September 2014 19:01:25 WIB
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - RealSense adalah teknologi kamera baru dari Intel yang dapat memetakan sebuah objek dan ukuran dimensinya tanpa menggunakan alat pengukur.

Perangkat dengan Intel RealSense 3D Camera memang baru akan hadir secara massal pada tahun 2015 mendatang namun beberapa layanan dan industri bakal tak sabar menantinya.

Salah satu industri yang bakal gembira dengan kedatangan teknologi adalah toko online yang berjualan sepatu dan pakaian.

Salah pilih nomor atau ukuran sepatu atau pakaian selalu menjadi masalah konsumen yang memesan dari toko online. Perbedaan penomoran dari masing-masing brand adalah penyebabnya.

Nah, masalah tersebut bakal terselesaikan dengan teknologi Intel RealSense 3D Camera yang bisa menentukan ukuran dimensi sebuah objek.

Plae, sebuah perusahaan pembuat sepatu anak sesuai pesanan (custom) telah membuktikan keandalan teknologi RealSense.

Untuk implementasi RealSense di layanannya, Plae menggandeng sebuah startup asal Swedia, Volumental. Volumental menawarkan aplikasi berbasis Intel RealSense yang dijalankan di browser untuk memindai (scanning) objek yang ingin diketahui ukuran dimensinya.

Berbicara di panggung Intel Developer Forum 2014 yang berlangsung minggu lalu San Francisco, petinggi Plae mengatakan, teknologi kamera RealSense telah mereka ujicoba untuk menentukan nomor sepatu yang akan dipesan oleh konsumen.

Akurasi pengukuran nomor sepatu diklaim sangat akurat dan hanya berbeda sekitar dua milimeter saja.

Penggunaan teknologi RealSense sangat berguna untuk konsumen Plae yang memesan sepatu melalui online, tanpa harus datang ke lokasi untuk pengukuran nomor sepatu. Jadi, konsumen cukup menggunakan kamera smartphone/laptop dengan kamera 3D untuk memindai kaki anaknya dari rumah.

Diperagakan oleh staf Volumental, pemindaian kaki yang dilakukan selama kurang lebih 15 detik menghasilkan foto 3D beserta ukuran dimensi. Dari ukuran (panjang, lebar, dan ketebalan) yang dihasilkan tersebut kemudian dicocokkan dengan basis data untuk penentuan nomor sepatu yang tepat.

Intel
Laptop dengan kamera 3D Intel RealSense memindai kaki untuk menentukan ukuran nomor sepatunya.
Ke depannya, Volumental menyebutkan tak hanya sepatu yang bisa mereka pindai ukurannya. Kaos, kemeja, celana, kacamata, dan apapun objek yang memerlukan pengukuran dimensi akan bisa ditentukan ukurannya secara online.

Teknologi Intel RealSense sendiri rencananya bakal hadir di smartphone, laptop, notebook, tablet, all-in-one PC, hingga perangkat 2-in-1 berbasis Intel.

Tablet Dell Venue 8 7000 Series yang memiliki kamera 3D menjadi perangkat pertama yang mengusung teknologi RealSense. Dell Venue 8 bisa menghasilkan foto 3D definisi tinggi lengkap dengan ukuran dimensinya. Selain itu, hasil jepretan fotonya masih bisa diatur ulang fokusnya serta memungkinkan pengaturan filter setelahnya.
Komentar FB