Minggu, 19 November 2017 0:18 WIB Jl.Kampung Kalawi RT2 RW5 Telp.(0751)-812860

Gagal "Nyalib" Truk, Bus Umum Terbalik

Erisman Posmetroglobal.co.id - 14 Mei 2017 09:18:23 WIB
Kondisi Bus Murni Jaya yang terbalkik sebelum di evakuasi dari TKP

POSMETROGLOBAL.CO.ID--Bus Murni Jaya bernomor polisi A 7672 KC yang dikemudikan Ade Yusuf terlbat kecelakaan tunggal dan menewaskan satu orang. Polisi menyebut, sopir mengemudikan bus dalam kecepatan tinggi saat kecelakaan terjadi.
Dikutip dari detik.com, menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Banten, AKBP Asep Solihin, saat itu bus melaju dari arah Jakarta menuju Merak. Setibanya di lokasi kejadian, bus tersebut berusaha menyalip kendaraan truk, namun gagal.
"Berjalan dengan kecepatan tinggi dari arah Tangerang menuju arah Merak. Sampai di TKP berusaha menghindari kendaraan sejenis truk yang tidak diketahui identitasnya yang berjalan berpindah lajur dari lajur kiri ke lajur kanan. Selanjutnya kendaraan bus berjalan ke kanan lanjut terperosok ke median tol," kata Asep Solihin, Minggu (14/5/2017).
Setelah tak sanggup mengendalikan kendaraannya, bus kemudian terbalik dengan posisi roda sebelah kiri berada di atas.
"Posisi akhir kendaraan bus Murni terbalik dengan roda kiri diatas menghadap ke arah Merak. Akibat peristiwa tersebut penumpang atas nama Amrullah terjepit oleh badan bus dan diduga meninggal dunia," lanjutnya.
Korban meninggal kemudian dibawa ke RS Drajat Prawira Negara, Kota Serang, Banten. Sementara itu, korban luka berat bernama Didin Solahudin dibawa ke RS Sari Asih untuk mendapatkan perawatan.
Sementara itu, kondektur bus, Muhammad Daud menyatakan saat bus melaju dengan kencang, tiba-tiba ada truk berpindah lajur hingga mengakibatkan lajur yang dilaluinya tertutup.
"Tiba-tiba ada yang nutup jalur, posisi kan lagi rapat otomatis ngerem, terguling. Masalahnya kan lagi ngerem, yang depan mendadak tutup jalur. Keseret sekitar 20 meter," ujarnya.
Daud menambahkan kondisi bus saat kejadian penuh dengan penumpang yakni sekitar 50 orang di dalam bus.
Polisi kemudian mengevakuasi bus tersebut. Kemacetan sempat terjadi di kedua arah baik dari arah Jakarta mapun arah Merak sekitar 2 kilometer.
Bus Murni Jaya bernomor polisi A 7672 KC jurusan Kalideres-Labuan kecelakaan di tol Tangerang-Merak tepatnyadi kilometer 50+600 arah Merak. Satu orang meningal dunia akibat kecelakaan tersebut.
"Yang satu meninggal, yang satu (luka) parah. Tapi yang lain cuma lecet-lecet saja, Enggak tahu itu kenek apa penumpang yang meninggal. Korban satu tadi dibawa pakai kantung kuning," tutur salah seorang penumpang bus, Yusuf Adi Mulyono saat ditemui di lokasi kejadian, Sabtu (13/5/2017).
Sebelum akhirnya terlibat kecelakaan, lanjut Mulyono, bus tersebut melaju kencang sejak masuk tol. Ia menyatakan beberapa penumpang sudah memperingatkan sopir agar tidak memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi.
"Waktu dari Jakarta ke sininya saja mau nabrak motor, penumpang langsung pada teriak," kata dia.
Mulyono menambahkan, kejadian nahas itu berlangsung cepat. Sebelum masuk ke median jalan dan terbalik, awalnya bus hendak menyalip kendaraan yang ada di depannya. Lantaran gagal menyalip, sang sopir kemudian membanting stir ke arah kanan.
"Busnya ngebut, kan ugal-ugalan sopirnya, di depan ada truk, mau nyalip tapi nggak kekejar saking kencangnya, sopirnya buang kekanan, mau balik lagi ke kiri bannya selip," ujarnya.
Kondisi bus tersebut ringsek parah akibat terbalik. Petugas kemudian mengevakuasi bus dan dibawa ke posko derek gerbang Tol Ciujung. (man)

TAG :

Komentar FB