Minggu, 19 November 2017 19:20 WIB Jl.Kampung Kalawi RT2 RW5 Telp.(0751)-812860

Soal Naas Kapal KM Mutiara Sentosa, Menhub Janji Evaluasi Menyeluruh

Erisman Posmetroglobal.co.id - 20 Mei 2017 16:21:41 WIB

POSMETROGLOBAL,CO.ID—Kecelakaan yang terjadi di perairan Masalembu membuat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berang. Untuk itu, yang bersangkutan segera evaluasi menyeluruh. Bahkan,  akan menyasar penyelenggara, mulai dari level atas sampai ke bawah terkait regulasi dan SOP angkutan publik terhadap penyelenggara angkutan.

Disamping itu yang tak kalah pentingnya adalah penyampain duka yang dalam kepada korban kecelakaan KM Mutiara Sentosa I. Dia meminta seluruh pihak, baik Kemenhub, BNPB, Basarnas, dan Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Surabaya untuk bertindak cepat dalam penanganan kecelakaan.

"Saya menyampaikan rasa simpati yang mendalam kepada keluarga para korban kecelakaan KM Mutiara Sentosa I dan saya sudah minta untuk dilakukan investigasi dengan cepat dan akurat," ujar Menhub dalam keterangan persnya, Sabtu (20/5/2017).

Dikutip dari detik,.com, Menhub berjanji akan segera melakukan evaluasi dan koreksi menyeluruh atas kejadian ini. Evaluasi.

"Saya akan terbitkan surat edaran yang meminta semua proses keberangkatan kapal, operasional bus dan semua moda angkutan publik memberlakukan SOP dengan metode double-check terhadap semua unsur keselamatan," terang Budi.

Budi berjanji akan memberikan sanksi kepada jajaran Kemenhub jika memang ada kelalaian dalam insiden tersebut. "Saya akan berikan sanksi kepada jajaran Kemenhub yang terbukti lalai serta mengabaikan dan tidak menerapkan regulasi dan pendampingan sehingga menyebabkan potensi kecelakaan," tegasnya.

KM Mutiara Sentosa I terbakar di perairan Masalembu, Sumenep, Jawa Timur pada Jumat (19/5) sore sekitar pukul 16.00 WIB. Ratusan penumpang kapal nahas itu sudah dievakuasi dan saat ini sedang dalam perjalanan kembali menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Diperkirakan mereka akan tiba malam nanti.(man)

TAG :

Komentar FB