Minggu, 19 November 2017 19:13 WIB Jl.Kampung Kalawi RT2 RW5 Telp.(0751)-812860

Tol Terindah di Indonesia, Inisiasi Tol Laut Pantura

Posmetroglobal.co.id - 13 Oktober 2014 12:11:09 WIB

POSMETROGLOBAL.CO.ID, JAKARTA—Sebentar lagi presiden Susilo Bambang Yudoyono yang lebih akrab dipanggil SBY bersama “Pasukannya” kabinet Indonesia Bersatu jilid II menyerahkan kepemimpinan Indonesia kepada Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan panggilan Jokowi dan Jusuf Kalla. Namaun, pada detik-detik serahterima jabatan tersebut, tanggal 23 September 2014, SBY masih meyempatkan diri meresmika pembangunan Tol laut pertama dan terindah di Indonesia.

Dikutip dari detik.com menyebutkan, tol laut yang menghubungkan Nusa Dua-Ngurah Rai Benoa Bali sepanjang 12,7 Km tersebut, merupakan salah satu capaian infrastruktur era SBY. Tol ini dinilai sebagai tol terindah di Indonesia. Pembangunanya sendiri baru dimulai 21 Desember 2011.

"Jalan tol Bali, Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa yang setelah itu saya sebut dengan Bali Mandara yang bermakna Bali yang agung dan juga Bali yang maju, aman damai dan sejahtera dengan resmi saya nyatakan dimulai penggunaannya," kata SBY saat persemian tol senilai Rp 2,7 triliun pada akhir September tahun lalu.

Tol ini dioperasikan oleh PT Jasa Marga Bali Tol, yang merupakan anak usaha dari PT Jasa Marga Tbk. Tol ini merupakan infrastruktur pendukung acara akbar APEC di Nusa Dua Bali yang digelar dua pekan setelah tol diresmikan.

Tol yang memiliki simpang susun yang indah ini juga bisa dilewati tak hanya kendaraan roda empat atau lebih, tapi juga memilki jalur khusus untuk motor. Dalam sehari, operator menyebutkan tol Bali Mandara dilewati lebih dari 30.000 kendaraan, mulai motor, mobil dan kendaraan roda empat atau lebih lainnya.

Menteri BUMN Dahlan Iskan pun memuji kerja keras dari konsorsium Jasa Marga dan karena telah membangun tol ini. Pengerjaan tol ini 100% dilakukan oleh sumber daya lokal.

Indonesia patut berbangga karena selain itu, pengerjaannya pun super cepat. Untuk tingkat kesulitan yang tak biasa seperti membangun jalan tol di darat, tol ini dibangun hanya dalam waktu tak lebih dari 14 bulan.

Saat ini juga, bergulir kajian pembangunan Tol Atas Laut di Pantai Utara Jawa (Pantura) dari Semarang-Surabaya yang diinisiasi oleh PT Jasa Marga dan belasan BUMN lainnya. Rencana ini tentunya menjadi tantangan bagi pemerintahan Presiden dan Wapres Terpilih Jokowi-JK nantinya. (man)

TAG :

ekonomi
Komentar FB