Minggu, 19 November 2017 19:15 WIB Jl.Kampung Kalawi RT2 RW5 Telp.(0751)-812860

Maroko Mundur jadi Tuan Rumah Piala Afrika

Posmetroglobal.co.id - 17 Oktober 2014 00:57:23 WIB

 

POSMETROGLOBAL.CO.ID,RABAT—Mewabahnya penyakit ebola dikawasan Afrika juga membuat ketar-ketir Maroko. Sebagai sikap kuatir dari Maroko, mereka menolak menjadi tuan rumah piala Afrika tahun 2015 mendatang.

Dilansir detik.com,  Maroko memutuskan mengundurkan diri sebagai tuan rumah Piala Afrika Piala 2015 menyusul penyakit ebola yang sedang mewabah di Benua Hitam tersebut.

Sejak munculnya kasus pertama di Afrika Barat pada bulan Maret silam, virus Ebola telah merenggut lebih dari 4.000 jiwa. Liberia, Guinea, Sierra Leone, dan Nigeria adalah negara-negara dengan kasus Ebola terbanyak.

Memang Maroko jadi salah satu negara yang masih bersih dari wabah mematikan tersebut, namun tetap saja kekhawatiran tetap ada mengingat virus tersebut bisa menyebar dengan cepat.

Dengan adanya beberapa negara di Afrika Barat dan Tengah yang bakal mengikuti turnamen tersebut, pihak Maroko khawatir Ebola akan sampai ke negara mereka.

Maka dari itu melalui Kementrian Olahraganya, Maroko memutuskan untuk membatalkan Piala Afrika yang seharusnya digelar di sana Januari mendatang.

Ini dilakukan sehubungan dengan penolakan CAF (Federasi Sepakbola Afrika) atas tiga usulan Maroko terkait penyelenggaraan Piala Afrika 2015, yakni menunda turnamen itu hingga tahun 2016, menggantikan posisi Afrika Selatan sebagai tuan rumah Piala Afrika 2017, atau sekalian membatalkan.

"Setelah CAF menolak semua usulan kami, maka dari itu kami mengundurkan diri dari tuan rumah Piala Afrika 2015. Kami ingin melindungi keselamatan warga kami dan siap dengan segala konsekuensi atas keputusan ini," demikian pernyataan Menteri Olahraga Maroko di supersport.com seperti dikutip AS.

CAF sendiri belum membuat pernyataan resmi terkait pengunduran diri Maroko tersebut dan sepertinya baru akan memberikan keputusan final terkait kelanjutan turnamen tersebut pada 2 November. Afsel disebut-sebut jadi calon kuat pengganti Maroko.

Meski tak jadi menghelat Piala Afrika 2015, namun Maroko dijadwalkan masih akan menggelar Piala Dunia Antarklub Desember mendatang. (man)

TAG :

olahraga
Komentar FB